Pilkada Tanjungpinang Berjalan Lancar – Kesbangpol Kepri ikut memantau jalannya Pesta Demokrasi

TANJUNGPINANG. Pilkada Tanjungpinang berlangsung lancar dan damai, pesta demokrasi pilihan rakyat tersebut yang berlangsung pada Rabu 27 juni 2018 yang di ikuti pasangan Syahrul Rahma dan Lis Darmansyah Maya Suryanti telah dilaksanakan. Semua pihak berperan aktif untuk menciptakan dan mewujudkan Pilkada damai tersebut, termasuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Riau.

Setelah pemilihan berlangsung pada 27 juni lalu, dilanjutkan Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi penghitungan suara Tingkat Kota Tanjungpinang pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang Rabu, 4 Juli 2018 bertempat di gedung Asrama Haji Tanjungpinang yang dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Prov kepri Ir. Lamidi, MM berjalan dengan baik, lancar tanpa ada kejadian yang dapat mengganggu pelaksanaan kegiatan.

Dapat digambarkan juga, terlaksananya Pilkada serentak tanggal 27 juni 2018 aman dan damai sesuai dengan amanat undang-undang, ini merupakan bukti nyata keaneka ragaman suku adat istiadat agama, bukan lagi pembeda, rakyat Indonesia memahami demokrasi. Kebebasan setiap individu memberikan hak suaranya dalam Pilkada, tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Hal ini juga merupakan peran serta seluruh elemen masyarakat, pemerintah dalam upaya menciptakan situasi yg kondusif sebelum dan pasca Pilkada Kota Tanjungpinang  merupakan salah satu kota yang melaksanakan Pilkada walikota dan wakil walikota.

Pemerintah Provinsi Kepri melalui Badan Kesbangpol yg dipimpin oleh Ir. Lamidi, MM juga membentuk Desk Pilkada dengan melakukan Koordinasi aktif dengan pihak-pihak yg berwenang dan mendatangi langsung pihak Panitia Pengawas Pemilu , KPU serta Kesbangpol Kota Tanjungpinang turut serta mengawasi mengamati jalannya Pilkada, mengumpulkan data dan memberikan informasi pada penyelenggara Pilkada dari tahap awal penyelenggaraan persiapan pilkada hingga hasil akhir rekapitulasi, dalam upaya pencegahan pelanggaran Pilkada juga terjadinya situasi yang tidak diinginkan, disetiap tahapan tahapan Pilkada.

Data dan informasi yang didapat dari setiap tahapan Pilkada tersebut selanjutnya dapat menjadi bahan  laporan kegiatan Desk Pilkada, kepada Bapak Gubernur Prov. Kepri, yang nantinya diharapkan dapat memberikan masukan masukan positif kepada pihak penyelenggara.

Ada pun hasil akhir rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara sbb:

Paslon 1 memperoleh suara sebanyak 42.559 dengan perolehan masing-masing kecamatan sbb:

  1. Kec. Bukit Bestari dgn suara 11.201
  2. Kec. TPI barat dgn suara 9.365
  3. Kec. TPI Kota dgn suara 4.359
  4. Kec. TPI Timur dgn suara 17.634

Paslon 2 memperoleh suara sebanyak 40.160 dengan perolehan suara masing-masing kecamatan Sbb:

  1. Kec. Bukit Bestari dgn suara 10.747
  2. Kec. TPI Barat dgn Suara 10.298
  3. Kec. TPI Kota dgn Suara 4.395
  4. Kec. TPI Timur dgn Suara 14.720

Dengan ini Paslon 1 H. SYAHRUL, S.Pd. SD dan Rahma ,Sip unggul atas Paslon no.urut 2.(data pleno sumber KPU Kota Tanjungpinang)

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepri Ir. Lamidi, MM mengaku lega, atas pelaksanaan Pilkada Kota Tanjungpinang yang berjalan lancar. semua pihak bergerak aktif untuk mensukseskan Pilkada Tanjungpinang, tidak hanya jajaran Pemko Tanjungpinang, FKPD Kota Tanjungpinang, FKPD  Provinsi Kepri, Gubernur serta  Wakil Gubernur ikut memonitor dan melihat langsung baik sebelum hari pelaksanaan maupun saat hari pelaksanaan.

Ditengah hujan deras tidak menyurutkan langkah untuk melihat hari pelaksanaan suara, sejumlah TPS di kunjungi baik di GOR Kacapuri, Asrama Haji, TPS Taman Harapan Indah tempat Syahrul mencoblos, maupun TPS Batu 9  tempat Lis Darmansyah mencoblos . Pilkada damai harapan kita semua. ( riza satya putri SH.MH)