Kesbangpol Kepri Narasumber Pelatihan Management Ormas dan LSM

KARIMUN. Kepala Sub bidang Organisasi Masyarakat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Riau  Drs. Indra Syahputra, dipercaya menjadi salah seorang narasumber pada kegiatan Pelatihan Management Ormas dan LSM yang diadakan Badan Kesbangpol Kabupaten Karimun, di Hotel 21 Karimun, Selasa  (17/7/2018.)

Kegiatan Pelatihan Managemen Ormas dan LSM dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada segenap unsur dan pengurus dari sebuah lembaga baik berbentuk organisasi masyarakat maupun kepada organisasi non goverment (NGO) atau LSM.

Dengan Pelatihan tersebut diharapkan Ormas dan LSM mampu menyusun dan menertibkan secara administrasi organisasi nya hingga menjadi sebuah organisasi yang handal dan modern.

Dalam pada itu Drs. Indra Syahputra menjelaskan secara gamblang tentang tata cara pemberian bantuan hibah dan bansos kepada sebuah organisasi. Dikatakan pria murah senyum ini, Badan Kesbangpol sebagai pembina, corong dan ujung tombak ormas / LSM harus berperan aktif dalam melakukan tupoksinya.

Persyaratan dan aturan dalam pendirian dan pendaftaran sebuah organisasi haruslah benar-benar dipahami dan penuhi sehingga tidak ada pihak yang dirugikan terutama pada saat mengajukan proposal dana pembinaan melalui bansos. Hal ini mengacu pada No.32 tahun 2011 ttg pedoman pemberian hibah dan bansos yg bersumber dari APBD dan Pergub No.26 tahun 2016 perubahan atas Pergub No.14 tahun 2016 tentang Pedoman pemberian hibah dan bansos yg bersumber dari APBD Provinsi Kepri,tuturnya.

Indra yang juga Sekretaris Forum Koordinasi Penanggulangan Teroris (FKPT) Kepri ini  menambahkan selain itu secara rutin Ormas melaporkan kegiatannya 6 bulan sekali atau sekurang2nya 1 tahun sekali.

Dalam hal ini Ormas yg dibentuk berdasarkan peraturan UU yang berlaku seperti FKUB, FPK, FKDM, dllnya dapat diberikan bantuan setiap tahunnya yg besarnya disesuaikan kemampuan daerah.

Tetapi Ormas selain itu hanya dapat diberikan kalau sudah berdiri minimal 3 tahun dan tidak  dapat diberikan tiap tahun ada interval / jaraknya selama 1 tahun. Itupun dilihat kinerja ormasnya apa layak dibantu atau tidak,ungkapnya menjelaskan.

Sebelumnya, acara pelatihan tersebut dibuka oleh staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Pemkab Karimun, Usman. Acara dihadiri Kaban Kesbangpol Karimun Herdan Firdaus, S.Sos dan Kabid Ketahanan Ekonomi, seni, budaya, agama dan kemasyarakatan Kesbangpol Karimun, Ferry. Selain Kesbangpol Kepri narasumber lainya adalah Kaban Kesbangpol Karimun.

Dengan peserta berjumlah 50 orang dari ormas LSM kab Karimun. Selesai paparan dilanjutkan tanya jawab serta foto bersama.

 

PENULIS : Sugiarto Doso. S.sos / Drs. Indra Syahputra

EDITOR : Afrizal