Kesbangpol Kepri Narasumber Sosialisasi Kewaspadaan Dini Di Daerah

BATAM. Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Kewaspadaan Dini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Riau Drs. Elman Krisos dipercaya menjadi salah seorang narasumber pada kegiatan sosialiasi kewaspadaan dini daerah yang diadakan Badan Kesbangpol Kota Batam di Hotel Vista Kota Batam, Kamis (19/7/2018.)

Kegiatan Sosialisasi Permendagri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah untuk meningkatkan peranan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kota Batam dilaksanakan dengan tujuan agar Pemerintah Daerah membentuk Tim Kewaspadaan Dini (FKDM) di Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota sesuai amanat Permendagri tersebut, kata pria murah senyum ini.

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) sebagaimana amanat Permendagri tersebut terdiri dari:

Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah;

Tim Kewaspadaan Dini Masyarakat. Tim Kewaspadaan Dini Masyarakat terdiri atas 5 orang pengurus yang terpilih berdasarkan perwakilan dari elemen masyarakat seperti Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tenaga Pendidik dengan berkoordinasi kepada Komunitas Intelijen Daerah/Instansi terkait lainnya.

Dalam rangka peningkatan kinerja dan peranan FKDM di Kota Batam, diperlukan antara peran aktif dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tenaga Pendidik saling berkoordinasi dan sinergitas dalam rangka memberikan data dan informasi tentang adanya Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) sebagai bahan laporan kepada Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kota Batam.

Untuk Kota Batam terdapat 12 FKDM yang tersebar di setiap Kecamatan, perlu mendapatkan fasilitasi berupa dana pembinaan, pendidikan dan pelatihan agar kinerja FKDM lebih efektif dan meningkat.

Dikatakan Elman, Badan Kesbangpol Provinsi Kepri dalam Rapat Koordinasi FKDM tersebut juga sangat mengharapkan kerjasama dan bantuan data dan informasi dan akan dihimpun sebagai laporan harian, mingguan, dan bulanan yang akan dilaporkan ke Kemendagri disamping laporan untuk ke Bapak Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun.

Acara Sosialisasi tersebut di ikuti unsur Camat dan Lurah se-Kota Batam, Kepolisian, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tenaga Pendidik, OPD terkait serta LSM, Ormas. Selesai paparan dilanjutkan tanya jawab serta foto bersama.

 

PENULIS : Sugiarto Doso. S.sos/Apriansyah SH

EDITOR    : Afrizal