Utusan Kemenkopolhukam RI Kunjungi Pemprov Kepri ajak perkuat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

TANJUNGPINANG. Utusan Kementrian Kordinator Politik, Hukum dan Pertahanan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI  mengunjungi pemerintah Provinsi Kepulauan Riau .

Tujuan kedatangan untuk memperkuat wawasan kebangsaan dan bela negara, penguatan tersebut diberikan kepada jajaran tokoh masyrakat, LAM, FKUB, Pramuka, FPK, KNPI, PPM, FKPPI serta utusan lainya. Acara penguatan wawasan kebangsaan dan bela negara yang difasilitasi Badan Kesbangpol Kepri, dibuka langsung Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Kepri, Drs. Raja Ariza yang juga pejabat Walikota Tanjungpinang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi kepri Ir. Lamidi, MM. Kepala bidang ideologi wawasan kebangsaan Kesbangpol kepri, Drs Syamsir, Kepala bidang ketahanan ekonomi, Ir Isropil, Kasubid ketahanan ideologi sugiarto doso,s,sos. Kasubid Wawasan Kebangsaan Riza Satya Putri, SH, MH. Kasubid kelembagaan dan ormas Drs. Indra Saputra, serta undangan lainya. Acara pertemuan tersebut berlangsung diruang rapat utama  Lt. 3 Kantor Gubernur Provinsi Kepri.

Raja Ariza menyambut baik kedatangan utusan Kemenkopolhukam tersebut dengan memberikan beberapa pantun selamat datang. Raja juga menceritakan kilas balik tentang sejarah Provinsi Kepri baik dulu sebelum kemerdekaan, saat kemerdekaan dan saat ini termasuk hubungan dagang dan perekonomian pelintas batas dengan negara Singapore dan Malaysia. Penguatan wawasan kebangsaan dan bela negara sudah cukup baik dilakukan pemerintah Provinsi Kepri melalui badan Kesbangpol Kepri, tuturnya disambut senyuman oleh Ir. Lamidi, MM.

Raja juga menceritakan silaturahmi sudah bagus dengan komponen anak bangsa dan suku-suku yang ada dan 4 konsensus nasional sudah berjalan bagus, LAM berjalan, bumi melayu bumi bertuah dimana bumi dipijak langit di junjung, selalu ada pantun dan tepung tawar saat ada acara, ungkapnya.

Sementara itu utusan Kemenkopolhukam terdiri dari, Brigjen Pol Drs mamboyng, Laksmana Pertama TNI  Jaya Darmawan, Nizhamul dan Unggul.

Dalam paparannya selaku ketua rombongan Mamboyng menyebutkan perlunya penguatan wawasan kebangsaan dan bela negara yang berlandaskan 4 konsensus dasar bangsa, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Bela Negara, spektrum luas. Merawat, menjaga bangsa dan negara. Bangunlah jiwanya bangunlah badan nya, sebagaimana dalam lagu Indonesia Raya. Bukan sekedar kalimat, amanah pendiri bangsa untuk pegang teguh kesatuan bangsa dan negara, ungkapnya berapi api.

Sekarang bukan ancaman militer, invasi, tapi ancaman diluar non militer, dulu musuhnya head to head, enak.lawan jelas. Dulu musuh PKI, sekarang musuhnya tersembunyi, melalui radikalisme, ungkapnya.

Saat ini ada dua  pintu besar, merusak bangsa melalui paham budaya asing negatif, serta paham radikalisme. Tujuan pemantapan wawasan kebangsaan untuk memperkuat 4 konsensus dasar bangsa tersebut.

Begitu juga Bela Negara didasari 4 konsensus bangsa yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhineka Tunggal Ika. Untuk bela negara hendaknya memilki lima dasar bela negara

  1. Mempunyai kemampuan awal bela negara (fisik maupun psikis)
  2. Rela berkorban
  3. Setia kepada Pancasila
  4. Sadar berbangsa dan bernegara
  5. Cinta tanah air.

Kepala Kesbangpol Dukung penguatan wawasan kebangsaan.

Usai pertemuan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Kepri Ir. Lamidi, MM  mengatakan,dengan paparan penguatan wawasan kebangsaan dan bela negara yang telah dilakukan Menkopolhukam merupakan dasar bagi kita untuk terus melakukan  sosialisasi tentang 4 konsensus dasar bangsa tersebut ke semua lapisan masyrakat

Pihaknya juga berharap kepada Stake Holder, komponen bangsa serta Pimpinan Ormas yang hadir untuk dapat meneruskan dan menyampaikan pesan-pesan kebangsaan ini dengan komponen 4 konsensus bangsa tersebut kepada para anggotanya.

Lamidi juga mengharapkan agar pemahaman dan penjiwaan dari 4 konsensus bangsa yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta NKRI, diharapkan dapat memberikan semangat membangun Provinsi Kepulauan Riau, melalui berbagai hal untuk mewujudkan RPJMD Provinsi Kepulauan Riau sebagaimana yang di inginkan Bapak Gubernur Kepri Dr. Nurdin Basirun untuk memajukan provinsi kepri dan mensejahterakan rakyat nya dapat terwujud .

 

Penulis : Sugiarto Doso S,Sos/ Riza Satya Putri ,SH, MH

Editor : Afrizal