Sharing Informasi dan Silaturahmi, Kepala Badan Kesbangpol Kepri Kunjungi KPU Kepri

TANJUNGPINANG. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Riau, Ir. Lamidi, MM bersama jajaran melakukan silaturahmi dan sharing informasi terkait kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau selaku penyelengara pemilihan umum yang akan digelar pada tahun 2019 secara serentak nasional.

Kedatangan ke KPU untuk sharing dan silaturahmi tersebut diterima secara baik dan harmonis disambut oleh Komisioner KPU terdiri dari Ketua Sriwati, Widiono Agung Sulistio divisi hukum, Parlindungan Sihombing divisi SDM dan Parmas, Priyo divisi Program dan Data, serta Basmir kabag TU Keuangan KPU, di ruang pertemuan KPU pada Rabu siang (18/7).

Pemilihan Umum pada tahun 2019 mendatang akan dilakukan secara serentak antara pemilihan legislatif DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten /kota, serta pemilihan Presiden .

Turut mendampingi kunjungan tersebut, Sekretaris Kesbangpol Kepri, Herman Prasetya, SE,AK. MM, Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Drs. Syamsir, Kabid Poldagri, Drs. Erman Krisos, Kabid Ketahanan Ekonomi, Ir. Isropil, Kasubid Ketahanan Ideologi Sugiarto Doso, Kasubid Wawasan Kebangsaan Riza Satya Putri, SH, MH.

Kepala Kesbangpol Kepri, Ir. Lamidi, MM didampingi Komisioner KPU Kepri di kantor Komisi Pemilihan Umum jalan basuki rahmat, Rabu (18/7). ( foto: Sugiarto doso)

Lamidi menyebutkan, kedatangannya  ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau disamping untuk silaturahmi juga sebagai wadah sharing informasi, untuk bersama-sama nantinya sebagai mitra dalam mensukseskan pemilihan umum di daerah ini. Peran KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum dan peran Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah untuk melihat sejauh mana pelaksanaannya dapat berjalan secara aman, nyaman damai dalam suasana kondusif. Pemilihan umum sebagai wadah demokrasi untuk memilih calon pemimpin bangsa dan wakil rakyat merupakan kepentingan bersama, tidak hanya KPU tapi juga pihak lain. Kesbangpol Provinsi Kepri juga ikut membantu agar partisipasi aktif masyrakat dapat meningkat dari tahun ke tahun. Kita juga telah melakukan kegiatan dukungan kelancaran pileg, pilpres dan pilkada dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bahkan komisioner KPU saat itu Ridarman Bay bersama Bawaslu juga kita libatkan.

Kedatangan jajaran pejabat Kesbangpol Kepri disambut Ketua KPU Kepri ibu Sriwati, bersama jajaran komisioner lainya. Terima kasih atas dukungan dan peran serta Kesbangpol untuk ikut meningkatkan partisipasi masyarakat dan kami jadi tidak bergerak sendiri dalam meningkatkan partisipasi pemilih, papar Parlindungan Sihombing salah seorang Komisioner yang juga wartawan senior tersebut.

Kata Parlindungan partisipasi masyarakat harus kita tingkatkan agar pemilu semakin baik. Sementara itu  Ketua KPU menambahkan sukses pemilu dapat dilihat dari proses pelaksanaannya, membutuhkan anggaran besar serta partisipasi masyrakat, karena itu jangan di sia-siakan, ungkapnya .

Saat ini tahapan pelaksanan pemilu legislatif sudah sampai  di permohonan pendaftaran calon legislatif, dilanjutkan verifikasi peserta caleg. Dan 19 hingga 21 Juli 2018 penyampaian hasil verifikasi kepada stake holder. Untuk gambaran saat ini sudah ada 581 caleg yang mendaftar berasal dari 16 partai politik, dan untuk keterwakilan perempuan sudah memenuhi kuota 30 persen di  7 daerah pemilihan Kabupaten / Kota se-Provinsi Kepri.

 

PENULIS :  Sugiarto Doso,S,Sos.

EDITOR   : Afrizal