Badan Kesbangpol Kepri Kunjungi Kesbangpol Jatim, Pelajari Timdu Penanganan Konflik Sosial

TANJUNGPINANG. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Riau melakukan kunjungan kerja ke Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Timur di kota Surabaya pada Jumat (10/8).pagi.

Kunjungan Kerja Badan Kesbangpol kepri diterima langsung Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Timur bersama jajarannya.

Kunjungan Kerja dalam hal penanganan konflik sosial dipimpin langsung Kepala badan Kesbangpol kepri, Ir. Lamidi, MM bersama Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Kewaspadaan Dini, Elman Krisos, SE Kasubid Kewaspadaan Dini, Andry Juniardi Jamin Ali, SE, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Safaruddin, S.Sos dan plt. Kasubid Hubungan antar lembaga Norman Edi, SIP.

Lamidi dalam penyampaiannya setelah memperkenalkan satu persatu anggota rombongan menyebutkan, dipilih nya Jawa Timur sebagai tempat kunjungan kerja apabila melihat prestasi dari Jawa Timur dinilai terbaik dalam penanganan konflik sosial melalui tim terpadu penanganan  konflik sosial (PKS) di level Nasional. Karena itu Provinsi Kepri ingin mengetahui lebih banyak peran tim du PKS yang telah dibentuk tersebut ungkapnya.

Pada pertemuan tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa Penanganan Konflik Sosial terdiri dari:

  • Pencegahan Konflik;
  • Penghentian Konflik; dan
  • Pemulihan Pascakonflik.

Untuk melaksanakan Koordinasi Penanganan Konflik Sosial maka dibentuklah Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial yang terdiri dari unsur OPD maupun Instansi Vertikal, kemudian dalam rangka meningkatkan keterpaduan dan sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial maka disusun Rencana Aksi Terpadu yang memuat program dan kegiatan yang terdapat pada OPD maupun Instansi Vertikal.

Dalam pelaksanaannya Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial selalu dihadapi pada kendala-kendala dalam melakukan koordinasi, untuk itu diperlukan kerjasama dan komunikasi yang intens sehingga akan tercapai target pelaporan pada setiap periode pelaporan B.04; B.08 dan B.12.

Untuk memenuhi target pelaporan diharapkan setiap OPD maupun Instansi Vertikal dapat meyampaikan laporan kegiatannya terkait pelaksanaan Penanganan Konflik Sosial berupa Foto Kegiatan, Daftar Hadir, Materi dan Notulensi. Laporan disampaikan ke Sekretariat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial pada Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Timur.

Kasubid Kewaspadaan Dini Badan Kesbangpol Kepri, Andry Juniardi Jamin Ali mengatakan hal senada, bahwa dipilihnya Jawa Timur yang sudah memiliki pengalaman dalam penanganan tim du PKS. Semoga pengalaman ini dapat ditularkan ke pihaknya sehingga ilmu yang didapat tersebut dapat kita terapkan di Provinsi Kepri.

Penulis :  Andre Jamin Ali, SE,

Editor   : Sugiarto Doso Saputro, S.sos