Kesbangpol Kepri Juri Lomba pidato Bela Negara Dalam Kemah Besar Penggalang Provinsi Kepri

TANJUNGPINANG. Dua orang pejabat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Riau dipercaya untuk menjadi juri dalam lomba pidato bela negara, sempena pelaksanaan kemah besar penggalang Provinsi Kepri di bumi perkemahan Kwarda Kepri, Pulau Dompak.

Lomba pidato bela negara berlangsung sejak Sabtu (11/8) dan Minggu (12/8) malam. Sementara kemah besar dilangsungkan hingga Selasa (14/8) siang.

Kedua pejabat Kesbangpol yang bertindak sebagai juri pidato bela negara masing masing Drs. Indra Syahputra Kasubid Perilaku Organisasi Masyrakat dan Sugiarto Doso Saputro, S.Sos Kasubid Ketahanan Ideologi yang juga kader bela negara bentukan Kementrian Pertahanan RI.

Disamping dua pejabat Kesbangpol tersebut, juri lomba pidato lain yang berasal dari Kwarda Pramuka dan 2 kakak pembina penggalang. Bagi kedua utusan Kesbangpol merupakan hal menarik dan menantang saat ditunjuk Kepala Badan Kesbangpol Kepri, Ir. Lamidi, MM yang juga Ketua Harian Kwarda Pramuka, ada hubungan yang kuat dan korelasi positif antara pramuka dan Badan Kesbangpol dalam hal pembinaan generasi muda dalam pembentukan karakter wawasan kebangsaan dan revolusi mental yang dimulai sejak dini.

Kembali ke soal lomba pidato bela negara, di ikuti oleh peserta kemah besar yang berasal dari sejumlah sekolah di level SD, SMP tidak hanya dari kota Tanjungpinang tapi juga berasal dari Kabupaten / Kota lainya di lingkungan Provinsi Kepulauan Riau yang berjumlah ratusan orang.

Namun untuk peserta lomba pidato ditunjuk dari perwakilan gugus depan sekolah baik putra maupun putri. Tiap peserta diberikan waktu untuk menyampaikan pidatonya dihadapan dewan juri. Bak aksi Indonesia Idol, tiap peserta menujukan kemampuannya dalam mengolah pidato nya. Ada 3 komponen penilaian tersebut, baik retorika, isi pidato maupun gaya komunikatif.

Lomba cukup ketat, berlangsung hingga dua malam, Sabtu malam dan Minggu malam, berlangsung hingga tengah malam, setelah mengalami perhitungan yang panjang maka diputuskan dewan juri yang dibacakan Kak Indra sebagai ketua dewan juri. Maka diputuskan juara lomba pidato bela negara jatuh pada utusan dari Kwarcab Lingga untuk juara pertama putra serta juara kedua Al Madinah Tanjungpinang dan juara ketiga MTS Tanjung pinang untuk berikutnya SMP Al Madinah Tanjungpinang untuk juara pertama kategori putri, utusan Smp 4 untuk juara kedua dan ketiga.

Setelah pembacaan hasil juara dilanjutkan penyerahan sertifikat dan medali bagi para pemenang, dilanjutkan foto bersama.

Kak Indra Syahputra berpesan kepada seluruh peserta jangan bersedih bagi yang belum juara, masih ada kesempatan di lain waktu, terus berusaha dalam meraih cita-cita. Dan pihaknya siap dilibatkan dalam penilaian lomba lainya, dan terima kasih kepada pihak kwarda yang telah mempercayakan kepada Kesbangpol sebagai juri dalam lomba pidato tersebut. Dan kegiatan ini sangat positif dalam menumbuhkan semangat cinta tanah air sejak dini, bravo pramuka, bravo kwarda kepri, selamat hari pramuka ke 57 tahun. Salam Pramuka.

Penulis : Sugiarto Doso Saputro, S,Sos

EDITOR : AFRIZAL SE