Kaban Kesbangpol Kepri Narasumber Pemeliharaan, Peningkatan Kemampuan Anggota Polri dilingkungan Polda Kepri

TANJUNGPINANG. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Riau, Ir. Lamidi, MM didaulat untuk menjadi narasumber mengisi acara dihadapan anggota Polri dilingkungan Polda Kepri. Acara yang bertajuk Pemeliharaan, Peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas, Ditintelkam, Ditsabhara, Ditkrimum, Ditpolair, dan Satbrimobda dilingkungan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, dilaksanakan di CK, Hotel Tanjungpinang, Senin (20/8) pagi.

Dengan piawai mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan ini menguraikan tentang Paham Radikalisme. Dalam paparannya, Lamidi mengungkapkan bahwa:

  1. Kelompok kelompok radikal dengan mengatas namakan agama saat ini secara intens masuk kedalam lembaga-lembaga pendidikan (dari pendidikan usia dini hingga pendidikan tinggi (wahied fondation).
  2. Munculnya kelompok-kelompok yang setuju atau bahkan bergerak untuk mengganti ideologi Negara (wahied foundation).
  3. 59 persen hasil survei memiliki kebencian terhadap kaum minoritas dan pemeluk agama tertentu.
  4. 10 juta warga Indonesia berpaham radikal (Pew research center 2015).
  5. 11,5 juta orang yang berpotensi melakukan tindakan tindakan radikal. ( Berita satu.com 17 April 2017) dan selama 2 tahun terjadi kenaikan 1,5 juta orang terpapar paham radikal.

Demikian diungkapkan secara lugas oleh pejabat dengan golongan Pembina Utama Madya ini.

Selain ini beliau menjelaskan secara gamblang, Pemeri tah dalam menangani Radikalisme Ada 2 strategi yg dilakukannya pemerintah., yaitu:

  1. Hard power dg memperkuat regulasi , tindakan hukum Dan keamanan.
  2. Soft power melalui deradikalisasi : pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Dalam UU No.16 tahun 2017 tentang pengesahan perppu No.2 tahun 2017 tentang Ormas yg intinya sebagai payung hukum tindakan bagi Ormas yg mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, 1.mengusung miss sparatis, 2.mengobarkan isu Sara, 3.menggunakan kekerasan, 4.mengganti, menyebarkan ideologi yg bertentangan dg Pancasila.

Acara tersebut dihadiri Direktur Bimbingan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Kepri Kombespol Sumirat yang mewakili Polda Kepri. Dengan narasumber lainya dari Kementrian Agama diwakili oleh Kabag Keagamaan Dan Kalangan Akademisi yaitu Eko Nurisman, SH., MH, Pery Rehendra Sucipta,SH.,MH, Imran Ilyas. Usai tanya jawab dengan peserta di lanjutkan dengan foto bersama .

Penulis  : Nurman Edi, SIP / Sugiarto Doso, S.Sos

Editor   : Afrizal, SE