Kesbangpol Prov Kepri dan Gapalih dampingi BPKP

TANJUNGPINANG. Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebanyak 4 orang turun ke Provinsi Kepri terutama Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Kedatangan selama beberapa hari tersebut untuk melakukan survey, pemetaan serta melakukan wawancara mendalam dengan sejumlah pejabat didaerah termasuk LSM.

LSM yang direkomendasikan adalah Gerakan Pelestarian Lingkungan Hidup (Gapalih) dengan direktur Eksekutif nya Juprianto, Kamis (30/8). siang di Tanjungpinang.

Anggota BPKP berasal dari pusat penelitan, pengembangan dan pengawasan (Puslitbangwas). Yang kedatangannya untuk menghimpun dan menanyakan perkembangan pembangunan atas partisipasi masyarakat.

Staff Kesbangpol Kepri, Sugiarto Doso dampingi LSM Gapalih Juprianto dan tim BPKP SAAT PENELITIAN DI TANJUNGPINANG, ( KAMIS 30/8 .) Kedatangan BPKP Dari pusat penelitian pengembangan pengawasan (puslitbangwas).

Tujuan dari penelitian ini, diharapkan kerjasama pengawasan dapat dilakukan lembaga pengawasan pemerintah dengan melibatkan perorangan /organisasi kemasyarakatan.

Sebelum melakukan penelitian, peneliti dari BPKP Gunanjar dan rekan nelakukan pertemuan dengan Kepala Kesbangpol Kepri Ir. Lamidi, MM bersama Sekretaris Herman Prasetya,SE, Ak.MM, Kabid Ketahanan Seni, Budaya, Agama Drs. Syamsul di ruang kerja Kaban Kesbangpol  Kepri pulau Dompak.

Pihak Kesbangpol merekomendasikan untuk menunjuk LSM Gapalih, sebagai objek narasumber untuk penelitian tersebut, sebab kemampuan dan kapasitas nya sudah diakui dalam keterlibatannya dan peran sertanya sebagai mitra pemeritah daerah.

Usai penelitian dan wawancara mendalam, Direktur Eksekutif LSM Gapalih, Juprianto mengaku senang atas kedatangan pihak BPKP tersebut dan pihaknya siap dilibatkan dalam peran serta lembaga kemasyarakatan dalam pengawasan program pembangunan sekiranya ditunjuk oleh BPKP, ya kita siap untuk itu , ujar Juprianto ahli lingkungan hidup ini.

Kedatangan pihak BPKP di Tanjungpinang didampingi Kasubid Ketahanan Ideologi Badan Kesbangpol Kepri, Sugiarto Doso, S.Sos yang memfasilitasi pertemuan LSM dan BPKP di Tanjungpinang. Usai wawancara mendalam dilanjutkan pertemuan lagi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Bintan.

Penulis : Sugiarto Doso, S.sos

Editor    : Afrizal, SE