Kemenpolhukam RI Kunjungi Makorem 033/WP Untuk Monitoring dan Evaluasi Pertahanan, Pejabat Kesbangpol Kepri Sampaikan paparan depan para Jenderal

TANJUNGPINANG. Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI diwakili ASDEP Koordinasi Kekuatan, Kemampuan dan Kermahan, Brigjen TNI Suparjo beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke Makorem 033/WP, Selasa, 14 Mei 2019.

Kunjungan dalam rangka membahas monitoring dan evaluasi bidang kekuatan dan kemampuan pertahanan TNI di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Brigjen TNI Suparjo didampingi KABID Ancaman, Kolonel ARH Pontjo Wasono, Kolonel Laut (P) Rakhmat Arif Bintoro, KABID Kekuatan dan Kemampuan Pertahanan, serta Kasubbag Monev Deputi Bidkoor Hanneg.

Rapat koordinasi bersama Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI Brigjen TNI Suparjo menyampaikan kunjungan ini dalam rangka implementasi kekuatan dan kemampuan pertahanan sekaligus meninjau kesiapan satuan-satuan di jajaran TNI di wilayah Kepualuan Riau dalam rangka pelaksanaan pembangunan pertahanan nasional serta pembangunan Minimum Essential Force (MEF).

Pada kesempatan yang sama Kasi Intel Rem 033/WP memaparkan kekuatan dan kemampuan satuan-satuan di Jajaran Korem 033/WP termasuk kendala dan hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas.

Kasi Intel menyampaikan Korem 033/WP yang berkedudukan di Tanjungpinang adalah satuan pelaksana tugas TNI yang bertugas membina kesiapan dan melaksanakan operasi baik dalam operasi militer perang maupun operasi militer selain perang yang membawahi lima satuan, diantaranya Kodim 0315/Bintan, Kodim 0316/Batam, Kodim 0317/TBK, Kodim 0318/Natuna, serta satuan tempur Yonif RK 136/TS. Selain itu, ada satuan siap gerak TNI satu Batalyon Komposit 1/Gardapati berkedudukan di Natuna.

Dalam kunjungan kerja tim Kemenko Polhukam RI juga hadiri Para Kasi Korem, Kaban Kesbangpol Prov. Kepri diwakili Plt.Sekretaris Badan, Danlanud RHF Fisabillilah diwakili, As Ops Lantamal IV TPI, Aspotmar Lantamal IV TPI, As Intel Lantamal IV TPI, Kadisops Lanud RHF, Perwakilan Kantor Kemenhan Kepri serta Kaintelpam Lanud RHF TPI.

Plt Sekretaris Badan Kesbangpol Ir. Isropil bersama Indra Syahputra hadir di Makorem 033/WP. Saat kunjungan Kemenkopolhukam RI, Selasa (14/5/2019). Foto ist.

Rapat koordinasi ini dia laksanakan di ruang rapat Makorem 033 WP. Dalam pemaparan dari Badan Kesbangpol Kepri yang dalam hal ini disampaikan Kasubbid Ormas menjelaskan tentang tugas dan kewajiban Kepala Daerah selaku Pimpinan Wilayah berdasarkan UU No.23 tahun 2014 pasal 67 huruf a bahwa kewajiban Kepala Daerah adalah memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan UUD 1945 serta mempertahankan dan memelihara keutuhan NKRI. Dan Kesbangpol adalah OPD yang membantu KDH dalam melaksanakan Kewajibannya. Dalam rangka mengantisipasi AGHT dan tegaknya kedaulatan NKRI dan   sehubungan dengan itu dapat dijelaskan peran Kesbangpol dari peringatan dini, deteksi dini dan cegah dini dalam membantu dan mendukung tugas KDH dalam memelihara trantib mas yaitu dgn membentuk FKDM, Timdu PKS, FKUB dan FPK di tingkat Prov sampai ke kelurahan/desa.

Dengan geografisnya Kepri 96% lautan dan 4% daratan serta memiliki 2.048 pulau besar dan kecil memiliki permasalahan tersendiri dalam faktor keamanan. Banyak potensi kerawanan yg harus diantisipasi khususnya masalah keamanan Lautnya, belum lagi masalah maraknya peredaran narkoba, penyelundupan sampai keluar masuknya imigran gelap.

Selain itu juga, dalam pemaparannya, Kasubbid Ormas yang akrab dipanggil pak In ini menjelaskan rencana strategis Badan Kesbangpol tahun 2019 dan isu-isu prioritas 2020 yang salahsatunya  adalah agenda Pilkada Gubernur Kepri. Pertemuan ditutup dengan foto bersama didepan Makorem 033 WP dengan peserta yg  hadir.

Penulis : Indra syahputra, Sugiarto doso

Editor : Afrizal SE