Gubernur Kepri Pimpin Upacara Hari Pancasila – Pegawai Kesbangpol Ikut Serta

TANJUNGPINANG. Gubernur Provinsi Kepri DR. Nurdin Basirun. S. Sos M.Si memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan upacara Gubernuran Kepri, Dompak, Sabtu (1/6/2019).

Jajaran Pegawai Kesbangpol Kepri tampak hadir mulai Dari Kaban Kesbangpol Kepri Ir. Lamidi, MM, Kepala Bidang Ideologi Dan wawasan Kebangsaan Drs. Syamsir, Kepala Bidang Ketahanan seni budaya agama Drs. Syamsul Khairil, Kabid Poldagri Elman Krisos, kepala sub bidang, pegawai, PTT, THL, membaur bersama ratusan peserta lainya termasuk pimpinan OPD FKPD Kepri, tokoh masyarakat, jajaran TNI Polri, Pramuka, ormas,OKP, mahasiswa serta pelajar.

Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang terlahir pada 1 Juni 1945 merupakan hal yang fundamental bagi seluruh rakyat Indonesia dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini disampaikan Nurdin Basirun sebagai Inspektur Upacara, dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia pada Peringatan Hari Lahirnya Pancasila.

Dikatakannya, hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa Pancasila yang juga merupakan sumber dari segala sumber hukum di Indonesia telah mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, kita bangun kebersamaan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nurdin menyampaikan, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya, demikian ungkapan yang disampaikan oleh founding father Bung Karno.

Oleh sebab itu, kata Nurdin upacara peringatan yang dilaksanakan ini selain untuk memperingati hari lahirnya Pancasila juga untuk mengenang jasa-jasa pendahulu yang telah mampu menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Upacara berjalan dengan hikmat diawali dengan kenaikan bendera merah putih, dilanjutkan mars garuda pancasila, diakhiri dengan doa.

Kabid Idwasbang Kesbangpol Kepri Drs Syamsir terlihat semangat mengikuti upacara dengan penuh khidmat. Mari kita teladani nilai nilai pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, tuturnya.

Penulis Sugiarto Doso
Editor Afrizal SE