FKDM Kepri Kunjungan Kerja ke Kesbangpol Batam dan BIN Kepri

BATAM – Jajaran pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Kepri melakukan kunjungan kerja ke kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam dan dilanjutkan ke kantor Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Kepri, Selasa (27/8).

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Ketua FKDM Ridarman Bay ini disambut Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam Yazid digedung bersama Kesbangpol, Batam Center. Jajaran pengurus diantaranya Ust. Muhtapin Trenggono, Djon Anton, Edward Mandala dan Zakmi Piliang.

Ketua FKDM Kepri Ridarman Bay menyerahkan cinderamata kepada Kepala Kesbangpol Batam Yazid usai kunjungan kerja, Selasa (27/8/2019)

Dikatakan Ridarman, kunjungan kerja untuk memperkenalkan pengurus dan anggota FKDM Provinsi Kepri juga untuk bersilaturahmi dan saling bertukar informasi terkait keberadaan, peran, tugas dan fungsi FKDM.

Sejak kepengurusan FKDM di SK kan Gubernur, FKDM selalu menyampaikan potensi-potensi kerawanan terkait sosial kemasyarakatan, ekonomi, keamanan, budaya dan lainnya kepada Gubernur.

FKDM merupakan organisasi yang dibentuk pemerintah, melaporkan setiap potensi kerawanan kepada Gubernur melalui Kesbangpol.

Ketua FKDM Kepri Ridarman Bay dan pengurus FKDM foto bersama Kepala Kesbangpol Batam Yazid usai silaturrahmi, Selasa(27/8/2019)

“Sesuai fungsi dan tanggungjawab, kita menjaring data dari kehidupan masyarakat dan menganalisa data lalu disampaikan ke Gubernur”, ujar Ridarman Bay

Kunjungan FKDM disambut langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam Drs. Yazid dan sejumlah pejabat Kesbang lainnya. Dalam pertemuan yg dibalut silaturahmi itu diketahui FKDM Kota Batam belum terbentuk, “maka dari itu kami berharap FKDM di Batam bisa dibentuk secepatnya sampai ke kecamatan-kecamatan bahkan kalau bisa sampai tingkat kelurahan. Apalagi ini amanat Permendagri. FKDM sudah sangat diperlukan karena Kota Batam penduduknya lebih padat dengan tingkat permasalahan sosial yang lebih kompleks,” kata Ridarman Bay.

Ditambahkan Wakil Ketua FKDM Kepri Erward Mandala menjelaskan bahwa sebagai organisasi yang diamanatkan oleh Permendagri dan di-SK-kan oleh kepala daerah, FKDM sangat diperlukan daerah untuk menginventarisir permasalahan sosial yang ada di masyarakat hingga setiap permasalahan bisa dicarikan jalan keluarnya lebih cepat dan tidak berlarut-larut.

Kunjungan Kerja ke BIN

Dihari yang sama FKDM melanjutjan kunjungan kerja ke Kantor Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Kepulauan Riau. Kehadiran rombongan diterima Ketua Bidang Hukum BIN daerah Kepri Kol (L) Dr. Yanuar mengapresiasi kunjungan FKDM Kepri.

Suasana silaturahmi FKDM Kepri dengan pihak BIN Daerah Kepri,saat kunjungan kerja, Selasa (27/8/2019).

Keberadaan FKDM sangat membantu pihak Intelijen dalam mencegah potensi ancaman tantangan hambatan gangguan (ATH) di masyarakat. ” Dengan adanya FKDM, tentu setiap kepala daerah akan merasa terbantu karena akan mendapat laporan lapangan tentang kondisi yang terjadi di masyarakat.

Termasuk dalam perencanaan pembangunan hingga diketahui pembangunan yang mana yang menjadi prioritas daerah sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Yanuar.

Kepala FKDM Provinsi Kepri Ridarman Bay menerima buku dari pihak BIN Daerah Kepri usai silaturahmi, Selasa (27/8/2019).

Acara diakhiri penyerahan  cenderamata kepada BIN Kepri dan pihak BIN Daerah Kepri memberikan buku karya Kepala BIN, Jenderal Pol Budi Gunawan yang berjudul “Kebohongan di Dunia Maya”.

Penulis : Sugiarto Doso

Editor : Afrizal, SE