Gubernur Hadiri Rakor Persiapan Pilgub dan Pilkada se Provinsi Kepri Tahun 2020 – Digelar Badan Kesbangpol Kepri

DOMPAK. Plt.Gubernur Provinsi Kepulauan Riau H. Isdianto, S.Sos., Msi  menghadiri langsung rapat koordinasi (Rakor)Persiapan Pemilihan Gubernur (Pilgub)  dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepri tahun 2020.

Rakor digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol, pada Kamis (12/9/ 2019) diruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri.

Rapat penting tersebut dihadiri, Sekda Prov Kepri TS.Arif Fadilah, S.sos. Msi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Prov.Kepri, Ketua beserta Anggota dan Sekretaris KPU Prov.Kepri, Ketua beserta Anggota dan Sekretaris Bawaslu Prov.Kepri, Sekda Kab dan Kota se Prov.Kepri, Ketua dan Anggota beserta Sekretaris KPU dan Bawaslu Kab dan Kota se Prov.Kepri, Inspektur Prov.Kepri, Ka. Bapelitbang Provinsi Kepri dan Kab/Kota se Prov.Kepri, Ka. BPKAD Prov dan Kab/Kota se Prov.Kepri, Ka. Bakesbangpol Prov dan Kab/Kota se Prov.Kepri, Ka. Biro Adm  Pemerintahan dan Perbatasan Setda Prov.Kepri, Ka. Biro Adm Pembangunan Setda Prov.Kepri.

TS. Arif Fadilah dalam Point laporannya menyebutkan  Dasar pelaksanaan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, PP No. 32 Tahun 2018, Permendagri No. 54 Tahun 2019, Peraturan KPU RI No. 15 Tahun 2019. Point lainya TS Arif Fadilah menekankan agar  Sekda Kab/Kota harus segera menganggarkan bantuan Hibah untuk Pemilu kecuali Tanjungpinang. Dikatakan Arif tujuan rakor  untuk mensukseskan Pemilukada Gubernur, Bupati , Walikota di Provinsi Kepri. Dengan titik berat pertemuan ini yaitu utk menyikapi Permendagri No. 54 Tahun 2019 dan kedepan kita akan rapat terkait anggaran ini, ungkap Arif.

Peserta Rakor Persiapan Pilgub dan Pilkada Provinsi Kepri tahun 2020 sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kamis (12/9/2019) Ruang rapat kantor Gubernur Kepri.

Sementara itu  Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos.,MM dalam pengarahannya mengucapkan terimakasih atas semua undangan yang telah hadir di acara penting ini. Pemilu serentak Pilpres dan Pileg April kemarin sangat berat namun KPU dan Bawaslu dan Instansi terkait sangat sukses menyelenggarakan Pemilu tersebut. Acara ini untuk melancarkan pelaksanaan Pemilu 2020, untuk itu kita nanti akan menandatangani NPHD, harapannya agar rangkaian Pilkada yg akan dianggarkan oleh KPU dan Bawaslu terselenggara secara baik dan sukses, harap Isdianto.

Dituturkan Isdianto, kondisi Kepri tidak seperti Provinsi lain (Darat 4%, Laut 96%) yg tentu menguras tenaga yg ekstra untuk itu Pemda melalui Sekda Prov dan Sekda Kab/Kota harus serius mensukseskan acara Pilkada ini dalam hal anggaran. Untuk itu  Sekda agar merumuskan secara baik pertemuan ini sehingga tidak terjadi keluhan dikemudian hari sehingga pilkada kita ditahun 2020 sukses, ungkap Isdianto.

Peserta Rakor Persiapan Pilgub dan Pilkada Provinsi Kepri, Kamis (12/9/2019) Ruang rapat kantor Gubernur Kepri.

Seusai sambutan pembukaan oleh Gubernur dilanjutkan Penandatanganan Hibah Daerah antara Pemprov Kepri dengan KPU Prov.Kepri disaksikan oleh  Plt. Gubernur Kepri dan peserta rapat.

Berikutnya Penandatanganan Hibah Daerah antara Pemprov Kepri dengan Bawaslu Prov.Kepri disaksikan  Plt. Gubernur Kepri dan peserta rapat. Seluruh materi naskah hibah  disiapkan Badan Kesbangpol Kepri dibawah pengawasan Kaban Kesbangpol Ir.Lamidi MM yang ikut lembur untuk mempersiapkan secara prima.

LANJUTKAN DISKUSI

Seusai pembukaan oleh Gubernur Kepri dilanjutkan paparan diskusi, dengan narasumber Ketua KPU Sriwati, SE dan Ketua Bawaslu Sjahri Papene, SH.MH. Diskusi yang dipandu Sekda Prov.Kepri sebagai moderator  antara lain Sekda menyatakan  pada hari ini (kamis -red) kita siap melaksanakan Tahapan Pilkada Gubernur, Bupati dan Walikota se-Provinsi Kepri Tahun 2020. Adanya arahan Mendagri untuk segera melaksanakan Permendagri Nomor 54 Tahun 2019, agar Sekda Kab/Kota menganggarkan Hibah utk pilkada ini utk KPU dan Bawaslu. Kami bersama KPU dan Bawaslu Prov Kepri sudah sepakat menganggarkan anggaran Pilkada beberapa waktu lalu. Dan setiap rapat terkait anggaran seyogyanya Sekda Kab/Kota membawa Kepala Bapelitbang untuk bisa dibahas dengan rinci, harap Arif.

Point penting yang disampaikan Sriwati, SE bahwa KPU Provinsi memberikan 3 alternatif kepada KPU Kabupaten/Kota terkait besaran anggaran

A. 76,5Miliar

B. 121Miliar

C. 91Miliar.

Sriwati juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kepri dan  Sekda semoga Pilkada Tahun 2020 di Provinsi Kepri bisa berjalan lancar dan sukses.

Plt.Gubernur Provinsi Kepri H. Isdianto S.Sos., Msi menyerahkan naskah Hibah kepada Ketua KPU Kepri Sriwati SE, disaksikan Sekda TS. Arif Fadilah dan Ketua Bawaslu Kepri, Kamis (42/9/2019) diruang rapat kantor Gubernur Kepri. foto humpro kepri.

Hal senada dikatakan M. Sjahri Papene, SH., MH semoga setelah pertemuan ini ada pembahasan anggaran Bawaslu di masing2 Kab/Kota, Total Pengawas Adhoc di Kepri 6.099 dan besar harapan Bawaslu semoga tahapan dan pelaksanaan Pemilu Tahun 2020 bisa terlaksana dengan  baik.

Diakhir diskusi Sekda minta kepada Pemda Kab/Kota se Provinsi Kepri agar segera menganggarkan anggaran Pilkada Tahun 2020 berikutnya  berharap semoga Tahapan dan Pelaksanaan Pilkada se-Provinsi Kepri bisa berjalan dengan  lancar dan sukses sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Penulis : Sugiarto doso/Fitson

Editor : Afrizal, SE