Pejabat Kesbangpol Ikut Hadiri Seminar “Jejak Sejarah Melayu” Untuk Perkuat Wawasan Kebangsaan

DOMPAK. Bertempat di aula Wan Sri Beni, Sabtu (26/10/ 2019) dilaksanakan kegiatan Seminar Sejarah “Jejak Sejarah Melayu” sebagai Perkuatan Wawasan Kebangsaan. Dalam pada itu Pejabat Kesbangpol Kepri ikut hadir di acara seminar ini karena menyangkut Wawasan Kebangsaan diantaranya Kasubid Kelembagaan Ormas dan LSM Drs. Indrasyahputra dan Kasubid Seni Budaya Agama Riyusni Vayanti, SE.

Laksamana TNI (Purn) Marsetio Sebagai narasumber di acara seminar sejarah melayu

Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) dari tanggal 25 sd 27 Oktober 2019. Dalam penyampaiannya Ketua FSKN Kepri dato’ Huzrin Hood menjelaskan pentingnya mempelajari bagaimana jejak sejarah Melayu, dimana pada saat ini generasi muda kita kurang minat mempelajari sejarah bangsanya sehingga jika hal ini tidak antisipasi dari sekarang kita akan kehilangan karakter bangsanya sendiri yang begitu dihormati dan disegani oleh bangsa lain.

Tan Sri Profesor Datuk Wira Dr Abdul Latif Abu Bakar narasumber dari Malaysia

Hadir pada kegiatan ini, beberapa tamu dari negara tetangga yaitu Malaysia sebagai pembicara Tan Sri Prof.Datuk Wira Dr. Abdul Latiff Abu Bakar Ketua Kluster Warisan dan Peradaban. Selain itu, juga hadir sebagai Narasumber mantan Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana TNI (Purn) Marsetio yang juga staf ahli Gubernur Kepri bidang Maritim.

Datok H.Huzrin Hood Ketua FKSN Kepri. Foto ist

5 (lima) pilar kebijakan maritim yang kita kenal dengan poros maritim :

  1. Budaya Maritim
  2. Sumberdaya Maritim
  3. Pengembangan infrastruktur dan konektifitas Maritim
  4. Diplomasi Maritim
  5. Pertahanan Maritim.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, pimpinan OPD Kepri, instansi vertikal dilingkungan Pemprov Kepri, Akademisi, mahasiswa dan pelajar SMA.

Drs. Indra Syahputra menyebutkan kegiatan ini bagus untuk melihat akar sejarah bangsa juga untuk memperkuat wawasan kebangsaan, bahwa sesungguhnya kita adalah satu.

Drs Indra Syahputra Kasubid Ormas LSM

Kehadiran Kesbangpol juga untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa juga untuk memperkuat stabilitas politik dalam negeri sesuai amanat Mendagri, tutur pria murah senyum ini.

Penulis : Sugiarto Doso

Editor. : Afrizal, SE