Badan Kesbangpol Kepri Gelar Rapat Rutin PPWK

TANJUNGPINANG. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Riau menggelar rapat rutin Forum Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK).

Rapat rutin sekaligus ajang silaturahim dengan jajaran pengurus PPWK. Pertemuan Rapat rutin PPWK di pimpin langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Ir, Lamidi, MM. dikantor Badan Kesbangpol, Rabu (27/11/2019).

Lamidi dalam paparannya memberikan banyak masukan tentang arti peran fungsi wadah dan gerak langkah PPWK Provinsi Kepri. Dimana dikatakannya PPWK sebagai wadah berkumpulnya stake holder yang mengurus wawasan kebangsaan di instansi atau lembaganya serta peran aktif dari para pengurus dalam menyebarluaskan pesan wawasan Kebangsaan, “ya mari kita guyub bersama-sama mengembangkan wawasan kebangsaan di Kepri, “ujar Lamidi pejabat senior ini.

Para pengurus Pokja PPWK sebagai mana amanat Permendagri No. 171 tahun 2012 tentang Pusat Pendidikan wawasan Kebangsaan(PPWK) merupakan orang yang berkompeten dibidangnya Diketuai Sekda, sejumlah Kepala OPD, unsur Korem, DPRD,Dosen, media massa, tokoh masyarakat ketua FPK, tokoh agama serta tokoh adat.

Suasana rapat PPWK Provinsi Kepri di Dompak.

Pertemuan dipandu Sugiarto Doso, S.Sos yang memang piawai dalam memandu jalannya rapat. Hadir Ketua FPK, Datok Endi Maulidi, SH., MH, perwakilan Korem,Biro Hukum, Dinas Pendidikan, Tokoh masyarakat Juprianto, LAM, Dosen Umrah Bismar Arianto serta perwakilan media dan pengurus lainya.

Datok Endi Maulidi, SH., MH. mengungkapkan kedepan perlu diperkuat peran PPWK ini. Kita sebagai unsur PPWK sebaiknya diberikan pemahaman tentang PPWK untuk itu diminta bisa menghadirkan Lemhanas untuk memberikan pemahaman tentang PPWK, hadirkan narasumber yang berkompeten untuk memberikan TOT.

Di FPK sendiri kata Hendi yang merupakan Ketua FPK, telah memberikan pemahaman yang luas kepada pengurus FPK maupun kepada masyarakat yang di kunjungi FPK didaerah-daerah,ungkapnya.

Sementara itu paparan Kaban lainya, melihat kondisi bangsa saat ini sejak era reformasi, dalam kesempatan itu juga memaparkan peran Kesbangpol di era UU No. 23 tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan Kesbangpol sebagai wakil pemerintah Pusat mengurus Pemerintahan Umum.

Selanjutnya memperkenalkan satu persatu jajaran pengurus yang hadir dilanjutkan sesi diskusi.

Unsur LAM H. Mukmin.menyebutkan pihaknya juga ikut menyebar luaskan kegiatan.wawasan kebangsaaan dilembaganya, begitu juga FPK. unsur media dari Sijorikepri.com Rusmadi, SPD mengaku telah menyebarluaskan pesan wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara melalui publikasi berita itu saja setakad ini yang bisa dilakukan.

Dosen Umrah Bismar Arianto,.Msi menyebutkan peran UMRAH sudah banyak dalam melakukan kegiatan wawasan kebangsaan melalui mahasiswa baru yang baru menjalani.masa orientasi mahasiswa baru diberikan.pembekalan wawasan Kebangsaan.

Begitu juga anak -.anak mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kunkerta) di desa desa kelurahan se-Provinsi Kepri Ikut menyebar luaskan pesan-pesan Kebangsaan kepada masyarakat yang didatanginya. Bila ada tiap tahun sekitar 446 calon Sarjana baru yang turun ke.desa dalam waktu 5 tahun maka akan tercapai sekitar 2500 kader, tuturnya bisa diciptakan dan pesan kebangsaan bisa sampai ke Pulau-Pulau juga. Bismar Arianto juga berharap adanya modul Kebangsaan untuk keseragaman. Modul ini bisa untuk panduan dalam menyebarkan konsep kebangsaan.

Begitu juga dari Badan Pemberdayaan Perempuan melalui Wan Eka pihaknya juga melaksanakan kegiatan pengumpulan emak-emak untuk dilatih. Disitu Pesan Kebangsaan bisa disampaikan dan pihaknya akan mengundang pengurus PPWK untuk menjadi narasumber.

Begitu juga dari Korem 033 WP, Biro Hukum,Dinas Pendidikan Prov Kepri dan dari OPD lainya ikut memberikan sumbang saran bagi kemajuan PPWK Provinsi Kepri.

Kaban Kesbangpol Kepri Ir. Lamidi, MM saat memimpin rapat PPWK, Rabu (27/11/2019).

Sugiarto Doso selaku moderator memandu acara rapat ini dengan piawai selaku Kader Bela Negara memahami betul persoalan ini, Diskusi dilaksanakan dengan suasana hangat dan keakraban.

Kesimpulan pertemuan, Kata Lamidi mari sama-sama berusaha semaksimal mungkin buat gebrakan demi kemajuan PPWK, usulan memanggil Lemhanas akan kita siapkan untuk tahun mendatang.

Untuk menyusun Modul Kebangsaan kita minta Bismar Arianto untuk memimpin tim penyusunan modul, ungkapnya.

Penulis : Sugiarto Doso

Editor.   : Afrizal, SE