Pejabat Kesbangpol Kepri Hadiri Rakor Tentang Pengendalian Rencana Aksi Nasional P4GN-PN di Wilayah Barat

BATAM. Bertempat di ruang rapat Polda Kepri dilangsungkan kegiatan Rapat Koordinasi tentang Pengendalian Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba dan Prekusor Narkotika (RAN P4GN-PN) yang diselenggarakan oleh Kemenko Polhukam RI melalui Deputi V bid.Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam RI yang dipimpin oleh Irjen Pol Drs.Carlos Brix Tewu yang diwakili Asdev.V Brigjen Pol Ahmed Wijaya, MA

Wakapolda Kepri membuka Raker RAN P4GN-PN mewakili Kapolda

Dalam sambutannya Kapolda Kepri yang dalam hal ini diwakili Wakapolda Kepri menjelaskan tentang geografis Kepri yang memiliki potensi yang tinggi bagi pemasok dan pengedar Narkotika dimana 96% lautan dan hanya 4% daratan dengan lebih dari 2.406 pulau yang ada dan hanya 30% yang berpenghuni. Hal ini yang membuat Kepri sangat potensial untuk peredaran Narkotika.

Hadir dalam kegiatan adalah pejabat yang terkait di Wilayah Barat, ada 19 Prov termasuk Kalimantan Selatan. Sedangkan Kesbangpol dihadiri Sekretaris Badan dan Kasubid. Ormas mewakili Kepala Badan.

Sekretaris Badan Kesbangpol Kepri membicarakan tentang Rencana Aksi Daerah dengan KA.BNNP Kepri Brigjen Pol. Richard Nainggolan

Adapun Narasumber adalah KA.BNNP Kepri,  Kabinda Kepri dan Dirresnarkoba Polda Kepri. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Inpres No.6 tahun 2018 untuk melaksanakan rencana aksi P4GN dimana kegiatan ini harus dilaksanakan secara komprehensif, holistik, terstruktur dan sistematis terpadu dengan OPD terkait. Kepri ada 11 OPD dan 1 Pemda yang aktif melaksanakan aksi dan melaporkan kegiatannya. Sebagai penjabaran dari Inpres diatas adalah Permendagri No.12 tahun 2019. Untuk Keterangan Kepri ada beberapa permasalahan antaranya : SDM yang terbatas, PICU yang selalu berganti, penganggaran yang belum tersedia pada OPD terkait dan keterbatasan anggaran  pada tes urine,  belum terbentuknya Timdu P4GN di daerah. Demikian yang disampaikan Ka.BNNP Kepri mewakili BNN RI.

Penulis : Drs. Indra Syahputra

Editor : Afrizal, SE