BPIP Gelar Gotong-Royong Membumikan Pancasila

MEDAN. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengadakan acara Menjalin Kemitraan Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila bersama Kesbangpol se-wilayah Barat sekitar 12 Provinsi, bertempat Hotel Grand Mercure Medan, Rabu (11/12/2019).

Acara yang bertema “Gotong royong membumikan Pancasila” diikuti langsung Kepala Badan Kesbangpol Kepri Ir. Lamidi, MM bersama hampir seluruh Kepala Kesbangpol Kabupaten / Kota se-Provinsi Kepri.

Hadir pada acara tersebut  Plt. Kepala BPIP Prof. Hariono, Asisten Pemprov Sumatra Utara, Kasubid Ketahanan Ideologi Kesbang pol Kepri Sugiarto Doso, S.Sos dan Kasubid Program Apriansyah, SH.

Foto bersama Jajaran Kepala Kesbangpol Se-Provinsi Kepulauan Riau diacara membumikan Pancasila

Ketua panitia dari BPIP dalam laporannya menyebutkan Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir di wilayah Barat. Kesempatan ini kami gunakan untuk menyusun direktori untuk wilayah barat. Kami melihat secara umum di wilayah Timur masih ada yang menghadapi konflik secara terus menerus, kesempatan ini kita gunakan kerjasama antar BPIP dengan Kesbangpol, tuturnya

Kaban Kesbangpol Kepri Ir. Lamidi, MM sedang memberikan tanggapan dan tanya jawab

Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sumut mengucapkan Selamat datang Plt. Kepala BPIP Prof. Hariono beserta rombongan dan Kepala Kesbangpol di wilayah barat, pada momentum kegiatan ini  Pemerintah Prov. Sumut mengucapkan terimakasih kepada BPIP atas terlaksananya kegiatan ini.

Aktualisasi Pancasila harus dibumikan di Indonesia. Penguatan wawasan kebangsaan, melalui membumikan Pancasila  sila sila Pancasila dari kearifan lokal.

Bersama petinggi BPIP

Haryono Plt.Kepala BPIP menyebutkan tetapkan UUD 1945 dulu waktu singkat karena sudah ada drafnya yaitu Dasar negara dulu yang ditanya. BPIP ajak Kesbangpol jadi kemitraan bukan sekedar pemadam kebakaran.

Prof Haryono minta praktek Pancasila diterapkan utk pelajar dàn pemuda, pembuatan perumahan harus wujud heterogen tidak muncul homogen dan inklusif, pemuda memiliki Iptek disamping memiliki jiwa Pancasila dengan sifat toleransi, kata Haryono.

Ir. Lamidi, MM berbincang dengan Ketua BPIP Prof Haryono di sela-sela acara Gotong Royong Membumikan Pancasila, Hotel Grand Mercure Medan. Rabu (11/12/2019) foto doso

Sementara itu dalam sesi tanya jawab Kepala Kesbangpol Kepri banyak memberikan masukan tentang arah dan kegiatan BPIP,sebab bila bicara Pancasila sudah banyak yang dibuat Kesbangpol, tuturnya.

Kepala Kesbangpol Natuna Muhtar Achmad, Kepala Kesbangpol.Lingga Armia SPD, Sugiono Kabupaten Karimun dan Sugiarto Doso Kesbangpol Provinsi Kepri di acara Pembumian Pancasila

Acara diawali  sambutan Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP  Elfrida Herawati Siregar, SP., MM.

Dengan narasumber yang cukup banyak karena dibagi tiga sesi diantaranya:

Sesi 1, Tema: Gotong Royong Membumikan Pancasila

Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Ir. Suwidi Tono

Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kemendagri, Bapak Dr. Prabawa Eka Soesanta, S.Sos., M.Si

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Iman Hasiholan Sirait

Direktur Pembudayaan, Irene Camelyn Sinaga, A.P., M.Pd

Pemaparan Sinergi Pembumian Pancasila dari masing-masing Kesbangpol Provinsi (D.I. Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu) meliputi Kegiatan (fokus pada aspek kemitraan pada pelaksanaan kegiatan) tahun 2019, rencana 2020, dan masukan bagi BPIP.

Sesi 2, Tema: Demokrasi Pancasila: Menjelang Pilkada tahun 2020

Pengamat Pancasila,  Dr. Reinhard Hutapea

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP,  Dr. Lia Kian

Direktur Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan,  Aris Heru Utomo, S.H., M.B.A., M.Si

Pemaparan Sinergi Pembumian Pancasila dari masing-masing Kesbangpol Provinsi (Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara) meliputi Kegiatan tanggapan. 

Sesi 3, Tema: Kelembagaan Pancasila ditinjau dari sisi hukum dan Program Pembangunan Nasional

Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Sumatera Utara, Dr.Mirza Nasution, SH., M.Hum

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP,  Antonius Benny Susetyo

Direktur Analis dan Sinkronisasi, Ibu Dr. Ani Purwanti, S.H., M.Hum

Penulis : Sugiarto Doso/Apriansyah

Editor   : Afrizal, SE