Pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Natuna (IKBN) Kota Tanjungpinang Periode 2019-2022

Penulis : Drs. Indra Syah Putra

Editor : Afrizal, SE

TANJUNGPINANG. Bertempat di Aula Asrama Haji Tanjungpinang (Minggu,19/1/2020) dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Keluarga Besar Natuna (IKBN) yang dihadiri oleh Plt.Gubernur Kepulauan Riau H.Isdianto, S.Sos, MM.

Sambutan Plt.Gubernur Kepulauan Riau

Hadir dalam kesempatan ini selain Plt.Gubernur Kepri diantaranya hadir Drs.Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA (Wakil Bupati Natuna), Hj. Rahmah, S.IP (Wakil Walikota Tg.Pinang), Drs. R.Ariza (Widyaiswara), Indra Jaya Wakil Ketua I DPRD kota Tpi. Sedangkan dari tokoh masyarakat Kepri hadir pula Drs. Ilyas Sabli (anggota DPRD Kepri dapil Natuna), Datok Huzrin Hood, Tawarich Ketua LAM Kepri dan Tg.pinang, Ketua IKBB kota Batam. Dan OPD yang mewakili Pemprov adalah Badan Kesbangpol Kepri atas nama Kaban Kesbangpol : Drs. Indra Syah Putra yang didampingi Kabid Idwasbang Badan Kesbangpol Kepri Hj. Riawina, SS.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana Dadang AG menjelaskan sumber dana dari kegiatan ini adalah dari pengurus, donatur yang tidak mengikat dan sumbangan dari Pemda Kota Tanjungpinang, Natuna dan Pemprov. Kepri.

Saat ini anggota yang terdata 400 orang dari 3.000 orang yang ada di Tanjungpinang dan Bintan. Selain itu acara ini akan disampaikan pernyataan sikap pengurus tentang wilayah kedaulatan perairan Natuna yg dibacakan Ketua Umum terpilih, kami mendukung semua kebijakan pemerintah dan menekankan untuk memberdayakan nelayan lokal.

Plt. Gubernur Kepri bersama pengurus IKBN

Dalam Sambutannya Gubernur menjelaskan tentang perkembangan  permasalahan Natuna saat ini. Saran dari Plt. Gubernur adalah diberikan alat tangkap yang memadai melalui kelompok nelayan bukan individu oleh Pemerintah Pusat dan tepat sasarannya.

Selain itu, Gubernur menyarankan ke Pemerintah pusat agar Kab. Natuna jangan dibiarkan begitu saja, dengan potensi alamnya yang mendukung wilayah ini dengan membentuk kawasan khusus pariwisata dan pertahanan.

Penjelasan tentang wilayah tangkapan nelayan Natuna, beliau menjelaskan tentang wewenang batas wilayah tangkapan nelayan lokal 0 – 12 mil menjadi wewenang Pemprov dan tentunya Kab.Natuna, sedangkan 12 mil keatas adalah ZEE Indonesia dan wewenang pemerintah pusat. Selain itu beliau menjelaskan keberadaan Organisasi ini bisa membantu program pemerintah dalam pembangunan wilayah, karena tanggungjawab pembangun ini tidak bisa mengharapkan pemerintah saja tetapi tanggungjawab kita selaku masyarakat.

Acara pengukuhan oleh
Wakil Bupati Natuna Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA

Acara puncak dari kegiatan ini adalah Pengukuhan Pengurus IKBN oleh Wakil Bupati Natuna Hj.Dra.Ngesti Yuni Suprapti, MA

Demikianlah, rangkaian acara pengukuhan Pengurus IKBN Kota Tanjungpinang periode 2019-2022.