Seminar Kebangsaan #Meradikalisasi Pancasila Kepada Generasi Muda Islam#

Penulis : Drs.Indra Syah Putra

Editor : Afrizal, SE

TANJUNGPINANG. Bertempat di ruang pertemuan Asrama Haji Tanjungpinang dilaksanakan seminar Kebangsaan dengan tema Meradikalisasi Pancasila Kepada Generasi Muda Islam yang diselenggarakan oleh Aktivis Pemuda Islam (API) Prov.Kepri sebagai ketua pelaksana Anan Prasetia, Sabtu (1/2/2020).

Tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana memberikan pemahaman kepada generasi muda Islam khususnya tentang nilai-nilai mengakar nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari untuk menjawab tantangan permasalahan bangsa saat ini.

Narasumber dari kegiatan seminar Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Aktivis Pemuda Islam (API) Provinsi Kepri

Seminar ini dihadiri lebih kurang 150 generasi muda khususnya mahasiswa lintas agama, jadi terbuka untuk umum.

Kegiatan kali ini di buka oleh Staf Ahli Gubernur Kepri mewakili Plt.Gubernur Drs.Eko Sumbaryadi. Narasumber dari kegiatan ini adalah Drs.Indra Syah Putra, mewakili Kaban Kesbangpol Kepri, Robby Patria, M.Pd dari tokoh pemuda, DR.Suryadi, SP, MH dari Akademisi, Raflis Nawi dari PW Muhammadiyah dan Helman mewakili Kapolres Tg.pinang.

Dalam pemaparannya, pembicara pada umumnya menjelaskan tentang bagaimana arti pentingnya Pancasila menjadi way of life. Sumber Daya Manusia maupun alam, geografis dan penduduk bukanlah syarat mutlak kekuatan kita tatapi yang terpenting adalah membangun karakter kita.

Singapura yang kecil dan tidak memiliki Sumber Daya Alam tetapi bisa kuat dari kita. Kisah Sri Rama yang bisa mengalahkan Rahwana menunjukan kepada kita betapa kuatnya keyakinan diri Rama bisa mengalahkan Rahwana. Dan Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah hanya menggunakan peralatan yang sederhana tetapi karena persatuan dan kekuatan percaya diri bangsa yang besar akhirnya kemerdekaan itu tercapai.

Oleh sebab itu kita saat ini, bangsa Indonesia sudah mulai memudar karakter kebangsaannya/ nasionalismenya mendahulukan ego centrisnya sehingga dengan mudah terprovokasi oleh berita yang ingin memecah belah kan bangsa ini. Mari kita gali kembali dan memasyarakatkan kearifan lokal karena Pancasila digali dari Kekayaan budaya bangsa Indonesia sendiri.

Kegiatan seminar kali ini diakhir dengan photo bersama dan pembagian doorprize untuk peserta dari panitia.