Sinergitas Badan Kesbangpol Kepri dengan Kodam I Bukit Barisan

Penulis : Drs. Indra Syah Putra

Editor : Afrizal, SE

DOMPAK. Bertempat di ruang Kabid Poldari Kesbangpol Kepri, Selasa (18/2/20) dilaksanakan kegiatan pengumpulan bahan/data terkait aktifitas Orang asing, Ormas dan persiapan Pemilukada Serentak 2020 di Kepri.

Selain itu pengumpulan data, maksud kunjungan ini adalah menjalin koordinasi dan sinergitas antara Pemda dan TNI menjaga stabilitas daerah. Disamping itu pihak Kesbangpol menjelaskan tentang kondisi Kepri saat ini, selain konflik laut Natuna, virus Corona, aliran kepercayaan dan yang terakhir pendirian rumah ibadah di Karimun.

Pemberitaan di media sosial saat ini tidak berimbang dimana terkesan konflik di Karimun adalah intoleran, tetapi dari kronologis yg diperoleh akar permasalahan adalah IMB rumah ibadahnya. Sehingga hal ini sudah dibawa keranah hukum yaitu PTUN Tanjungpinang.

Staf Kodam I / BB saat koordinasi pulbaket kondisi Kepri dengan Badan Kesbangpol Kepri

Pihak Pemda sudah memediasi pihak yang bertikai sehingga pembangunan rumah ibadah ini dihentikan sementara waktu menunggu hasil dari PTUN. Ibadah jemaat Gereja tetap berjalan seperti biasa tetapi dialihkan ke Gereja di Sei.Bati atas permintaan sendiri.

Saat ini, Kepri sudah pada tahap pendaftaran Pilgub/bup/walikota dari independen. Pemda sudah melaksanakan penandatangan NPHD baik kepada KPU, Bawaslu dan pihak keamanan dan ini bentuk kepedulian Pemda tentang arti pentingnya Pemilukada di Kepri.

Staf Kodam I/BB dan pendamping dan Pejabat Badan Kesbangpol

Kondisi Kepri saat ini cukup kondusif. Staf Kodam BB yang hadir pada pertemuan ini : Serka Hartono (Bati Kontra Penggalangan Sinteldam I/BB) ; dan Serda Parlin E Sibuea (Ba Kontra Penggalangan Sinteldam I/BB). Kegiatan ini diakhiri dg fhoto bersama.