Bupati Anambas Buka Rakor FPK – Hj. Riawina SS Isi Materi

Penulis : Sugiarto Doso

Editor.   : Afrizal, SE

TAREMPA. Bupati Anambas H. Abdul Haris, SH membuka secara resmi Rakor Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) di Hotel Tropical inn, Tarempa, Rabu (19/2/2020).

Rakor mengambil tema “Konsolidasi Peran Masyarakat lintas etnis guna memperkokoh NKRI menyongsong pilkada serentak 2020 di Kabupaten Anambas”.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kepri Hj. Riawina SS tampil memukau saat mengisi materi tentang FPK yang mengupas dari sisi peran FPK dalam memperkuat wawasan kebangsaan.

Narasumber lainya dari AKP Bobi Kabag Ops Polres Anambas. Turut hadir pada acara tersebut jajaran FKPD Anambas, Kepala Kesbangpol Anambas Andi Agrial, Sekretaris serta kasubid di Kesbangpol Anambas, Kasubid Ketahanan Ideologi Kesbangpol Kepri Sugiarto doso, Kasubid Ketahanan  Seni Budaya Agama, Riyusni Vayanti, pengurus FPK.

Bupati Anambas Abdul Haris, SH saat membuka.rakor FPK di Tarempa Rabu ( 19/2/2020).

Bupati Abdul Haris menyebutkan reformasi terus berjalan hingga hari ini, pada kesempatan ini disampaikan di pemberitaaan baik Koran, TV, online bahwa sering terjadi konflik baik suku ras agama, mudah-mudahan tidak terjadi di Anambas, harap Bupati.

Dengan Rakor FPK Bupati berharap dapat menambah  wawasan kebangsaan, bagi peserta dan terjalin toleransi yang kuat hingga menjadi modal membangun Anambas dan Permendagri 34 tahun 2016 sebagai dasar pembentukan FPK, ungkapnya.

Bupati menyebutkan Anambas pulau yang jauh, jaga kemajemukan sebagai asset bangsa, tanamkan rasa kebangsaan terus menerus kepada pengurus FPK.

Pedoman patokan Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, tanamkan terus menerus di generasi muda untuk tumbuhkan rasa kebangsaan.

Syukuri dari Allah SWT yang tetap menjaga NKRI, harus dipupuk dan bina bersama rasa syukur juga pendahulu yang berhasil menyatukan kemajemukan bangsa ini.

Kabid Idwasbang Kesbangpol Kepri Hj. Riawina SS bersama Bupati Anambas Abdul Haris, SH foto bersama peserta rakor FPK

Pemerintah Daerah berikan apresiasi acara rakor ini. Anak anak muda yang harus diselamatkan untuk masa depan Anambas, ingatnya.

Sambutan Andi Agrial, upaya tingkatkan tolerasi pembauran kebangsaan tampung sosialisasi masyarakat dorong peran optimalkan peran FPK dalam menjaga keutuhan bangsa terutama di Anambas.

Peserta  Pengurus FPK Kabupaten Anambas periode 2016- 2020 ditambah dari kecamatan.

Kabid Idwasbang Kesbangpol Kepri Hj.Riawina SS mengisi materi rakor FPK di Hotel Tropical inn ,Tarempa (19/2/2020)

Riawina dalam materinya mengupas habis 4 konsensus nasional sebagai landasan wawasan kebangsaan 4 konsensus tersebut terdiri dari Pancasila UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Hal ini penting dikupas untuk membuka cakrawala berpikir. Usai mengupas 4 konsensus Nasional.baru mengupas materi tentang FPK, ungkap ibu 4 anak ini.

Dasar hukum pembentukan FPK mengacu pada Permendagri No 34 Tahun 2006, ungkap sarjana sastra dengan fasihnya yang tampil memukau dihadapan peserta Rakor.